Monday 19 May 2008

Haramkah Membuat Lagu Tentang Cinta Bagi Band Punk dan sejenisnya???


Sebuah mitos yang mengakar kuat dalam scene bahwa ga pantas band punk dan sejenisnya memainkan lagu bertema ”cinta antara kau dan aku (sepasang kekasih)”. Yang kumaksud ”sejenisnya” itu ya misal hardcore(yang konon akarnya juga dari punk), Oi! , ska, emo dan lain-lainnya (pikir aja sendiri :p )...

”Cih..Cengeng banget sih!! Band punk kok ngomongin cinta...Kayak band pop aja!!”. Komentar semacam itu sering banget kedenger ketika sebuah band entah itu band punk, HC, ska , Oi! atau bahkan metal manggung dengan membawakan lagu bertema cinta di gigs. Sebegitu haramkah lagu bertema cinta untuk dibawakan di dalam sebuah gigs???Atau justru mereka yang mengharamkan lagu cinta itulah yang memunafikkan dirinya sendiri hanya karena malu sebagai anak punk/HC/skinhead/rude boys/dll masa membawakan lagu cinta???

Bagiku pribadi, lagu adalah sebuah bentuk ekspresi kebebasan pribadi diri kita. So, apa yang ada di otak kita dan perasaan kita itu bisa dituangkan sebebas-bebasnya kedalam lagu kita. Dan menurutku kalau ada band punk/HC/Oi!/ska/sejenisnya yang membawakan lagu cinta ya ga masalah. Toh cinta juga merupakan salah satu yang wajar dalam kehidupan kita. Kalau memang itu merupakan cara dia mengekspresikan apa yang sedang dia rasakan, kenapa harus dikekang dengan mitos lawakan yang mengharamkan lagu cinta dibawakan oleh band punk/HC/Oi!/ska/sejenisnya. Bukankah kultur punk itu sangat meninggikan kebebasan? Lha kok ini malah diatur-atur harus mebuat lagu yang begini, harus yang begitu, ga boleh cinta-cintaan, bolehnya hanya politik, struggle, environment, alkohol bla bla bla....Fuck the rule, dude!

Aku sendiri jarang membuat lagu tentang cinta bukan karena aku termasuk orang yang mengharamkan lagu cinta, tapi ya karena belum pengen aja membuat lagu cinta. Selain itu, dalam membuat lagu aku ga mau memaksakan diri harus begini harus begitu. Pokoknya mengalir aja. Takutnya kalau dipaksakan, nanti yang tercipta cuma lirik munafik dan hiperbola semata. Seperti kebanyakan band-band sekarang di scene lokal yang sok struggle dan politikus dalam membuat lagu, tapi hanya dikoarkan diatas panggung tanpa implementasi nyata setelah mereka turun panggung. Ya walau ga semuanya begitu sih....

Mungkin yang membuat kita kadang muak dengan tema cinta adalah karena terlalu banyaknya band-band bermunculan di TV yang selalu membawakan lagu cinta dengan porsi berlebihan dan terlalu munafik. Ya selama masih dalam batas wajar dan tidak dibuat-buat, bagiku it’s okay kalau band punk dan sejenisnya mau membuat lagu cinta. Yang penting tidak munafik sajalah.... Toh nyatanya banyak juga band punk dan sejenisnya yang sudah ”terkenal” membawakan lagu bertema cinta. Bagi kalian yang sukanya hanya ”follow the heroes” dalam mengambil keputusan dan prinsip, nih aku kasih beberapa contoh band yang membawakan lagu cinta:
 
- nofx dengan Love Story , Liza and Louise, falling in love, Six Pack Girls,My Heart Is Yearning, Monosyllabic Girl. Meski Fat Mike mengapresiasikan rasa cintanya dalam lagu cinta yang unik.
- the casualties dengan punk rock love . Meski ada yang mengartikan cinta disini adalah cinta terhadap scene. Ada pula yang mengartikannya cinta terhadap wanita.
- the exploited - sex and violence. Baca saja liriknya yang sangat lugas..hehe
- The Living End dengan lagu Tainted Love
- begundal lowokwaru dalam lagu Belahan Jiwa. Yang ini band local nih.
- blackflag dalam lagu i love you,  Jealous Again. (terserah kalian mau nganggep ini band punk atau hardcore..i don't care a shit about it :p )
- Social Distortion dengan Making believe-nya yang puitis dan beberapa lagu lainnya..
- Mxpx, Lagwagon, No use for a name, Greenday (banyak banget nih lagu cinta mereka)
- denger-denger cock sparer pun punya koleksi lagu tentang cinta...tp ak kurang tau yang mana...silakan cek..
- band emo? wah tentu sangat banyak yang ngomongin love2an.

Dan masih ada banyak banget band yang dalam kehidupannya sangat rebel tapi membawakan beberapa lagu cinta.

Banyak kan????
Apalagi kalau misalkan kita memperluas definisi cinta, misal cinta terhadap lingkungan, scene, teman, keluarga, ideologi, drug, hewan dll. Akan banyak sekali lagu-lagu bertema cinta yang dibawakan di sebuah gigs! Cinta bukanlah suatu hal yang haram, kawan! Kalau kebebasanmu berekspresi justru terkekang oleh mitos-mitos tak jelas yang selama ini tumbuh subur di dalam scene, mungkin ada yang salah dengan pemahamanmu tentang arti kebebasan!

Ya mungkin ada beberapa orang (mungkin termasuk kamu) yang membenci bahkan mengharamkan membuat atau membawakan lagu bertema cinta. It's okay...Coz tiap orang kan punya hak untuk menyukai dan membenci sesuatu. Selama itu ada alasannya dan bukan hanya sekedar ikut-ikutan sih ga apa2. Jangan seperti temenku yang saking ”sangar”-nya jadi anti ama lagu cinta tapi tiba-tiba nyanyiin lagu-lagu cintanya Dashboard ketika habis diputus pacarnya. Habis itu malah dia sempet bikin lagu cinta...hahahahaha....