Tuesday 15 January 2008

Mampukah mereka membela diri?

Kita mengatakan harimau adalah binatang buas. Singa adalah binatang buas. Dan monyet di hutan adalah binatang liar. Begitu juga binatang-binatang lain yang kita beri sebutan "buas" dan "liar". Actually, who's the real "wild" and the real "predator"?! Let's check it out....

Kita tela'ah lagi. Kenapa singa disebut buas? Apa karena dia memangsa rusa? Apa karena dia membunuh hewan lainnya dan memakannya mentah-mentah? Apakah karena mereka bertampang sangar?Mempunyai cakar untuk mencabik? Apakah karena itu?
Kita lihat juga kenapa hewan di hutan disebut "liar"? Apakah karena mereka tidak punya aturan? Apakah karena mereka bodoh? Apakah karena mereka tidak bisa diatur?

Sekarang kita lihat spesies kita. Jenis kita sendiri, yaitu manusia. Mengapa kita disebut makhluk beradab? Mengapa kita tidak disebut buas atau liar? Apa karena kira mempunya cipta, rasa dan karsa? Apa karena kita memakan berbagai makanan dalam kondisi sudah matang? Apa karena kita tidak mempunyai cakar dan gigi yang tajam? Apa karena itu semua kita lantas disebut makhluk beradab, tidak buas dan tidak liar?

Sebenarnya kalo kita mau berpikira lebih bijak, justru kita lah yang sesungguhnya menjadi makhluk yang paling berbahaya. Dengan senjata bawaan dari lahir yang ada pada manusia...Senjata berupa cipta, rasa dan karsa itu sendiri. Dengan cipta, manusia mampu membuat sesuatu yang dapat digunakan untuk memuaskan nafsunya. Dengan rasa, manusia dapat membedakan mana yang enak dan tidak enak. Mana yang indah dan tidak indah. Karena rasa itu pulalah manusia hanya akan menuruti kehendaknya untuk mendapatkan sesuatu yang enak-enak saja. Dan dengan karsa, manusia mempunyai kehendak. Kehendak yang tidak dapat dicegah oleh makhluk lain di muka bumi ini.

Apa yang bisa diperbuat beruang kutub ketika global warming melelehkan es-nya akibat ulah manusia? Apa yang bisa diperbuat monyet hutan ketika habitatnya dirampas manusia?? Tidak banyak yg diperbuat mereka....Dan yang paling sederhana saja...Apa yangbisa diperbuat ayam, sapi, kambing dan hewan-hewan lainnya ketika nyawa mereka dicabut malaikat melalui tangan sebuah makhluk "beradab" bernama MANUSIA hanya untuk memuaskan lidah dan perutnya??? Apa mereka bisa berontak? Sehebat-hebatnya pemberontakan mereka tak akan mengalahkan senjata terbaik manusia..Yaitu OTAK dan KESERAKAHAN!!!